Kita belum mempunyai TANAH AIR bahkan belum mempunyai diri kita sendiri sebagai BANGSA apabila kita masih terikat dgn PENJAJAH / KOLONIAL.

Syarat mendirikan NEGARA harus ada TANAH AIR ada BANGSA, yang adanya itu adalah harus melalui PERNYATAAN KEMERDEKAAN (PROKLAMASI).

PROKLAMASI melepaskan ikatan atas TANAH AIR dan BANGSA kita dari KOLONIAL, sekaligus mengambil alih ikatan atas TANAH AIR & BANGSA kita itu utk terbentuknya apa yg disebut dg ____INDONESIA MERDEKA_____.

INDONESIA MERDEKA, yg terdiri atas __TANAH AIR + BANGSA + PROKLAMASI__ itu adalah apa yang akan dijadikan NEGARA INDONESIA MERDEKA dgn memberinya UUD NEGARA INDONESIA.

Oleh karena itu, maka disusunlah UUD NEGARA INDONESIA dengan berdasar kepada PANCASILA.

Jadi, tidak ada UUD NEGARA kalau belum ada TANAH AIR + BANGSA yg adanya karena PROKLAMASI. Tidak ada Pancasila kalau ia belum dijadikan dasar bagi penyusunan UUD NEGARA (sekalipun dipersiapkannya sebelum PROKLAMASI).

URUTAN

1. PROKLAMASI
2. TANAH AIR+BANGSA BEBAS —>> INDONESIA MERDEKA
3. MENYUSUN UUD NEGARA INDONESIA DGN BERDASAR KPD PANCASILA.
4. NEGARA INDONESIA MERDEKA = (TANAH AIR + BANGSA + PROKLAMASI) + UUD NEGARA INDONESIA berdasarkan PS.


Berikut adalah naskah lengkap pidato lengkap dan pembacaan naskah Proklamasi oleh Presiden Soekarno yang didampingi Wapres Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945.

Saudara-saudara sekalian!

Saya telah minta saudara-saudara hadir disini untuk menyaksikan satu peristiwa maha-penting dalam sejarah kita.

Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjoang, untuk kemerdekaan tanah air kita bahkan telah beratus-ratus tahun!

Gelombang aksi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naiknya dan ada turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju ke arah cita-cita.

Juga di dalam jaman Jepang, usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-hentinya.

Di dalam jaman Jepang ini, tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka, tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga sendiri, tetapi kita percaya kepada kekuatan sendiri.

Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya.

Maka kami, tadi malah telah mengadakan musyawarat dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia dari seluruh Indonesia. Permusyawaratan itu seia sekata berpendapat bahwa sekaranglah datang saatnya untuk menyatakan kemerdekaan kita.

Saudara-saudara!

Dengan ini kami menyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah proklamasi kami:

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas Nama Bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta

Demikianlah saudara-saudara!

Kita sekarang telah merdeka!

Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita!

Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia – merdeka kekal dan abadi. Insyaallah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s