ALAM KEMERDEKAAN-KEBANGSAAN INDONESIA

Kata KEMERDEKAAN KEBANGSAAN INDONESIA adalah penggabungan dari kata KEMERDEKAAN INDONESIA dan kata KEBANGSAAN INDONESIA.

KEMERDEKAAN INDONESIA sebagai hukum itu bicara:

:: PROKLAMASI,
:: PREAMBULE
:: BHINNEKA TUNGGAL IKA.

disederhanakan menjadi format:

__PROK-PREA-BTI__

KEBANGSAAN INDONESIA sebagai hukum itu bicara:

:: PANCASILA
:: UUD NEGARA INDONESIA
:: NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

disederhanakan menjadi format:

__PS-UUDNI-NKRI__

Formatika KEMERDEKAAN KEBANGSAAN INDOESIA secara lengkap adalah:

__PROK-PREA-BTI-PS-UUDNI-NKRI__

PENJELASAN:

HUKUM PERTAMA kita adalah PROKLAMASI 17 AGUTSUS 1945, yang dijelaskan secara lengkap oleh PREAMBULE bagaimana awal mulanya PROKLAMASI itu terjadi, PROSES kejadiannya hingga bisa terjadi PROKLAMASI, semangat-semangat dan pola pikir yg menyertai PROSES yang disebut PERJUANGAN PERGERAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA, dan setelah PROKLAMASI dinyatakan, kemana arah dari PROKLAMASI itu, yaitu membangun suatu kehidupan kebangsaan yang bebas merdeka berdikari berdaulat dan berkepribadian sesuai akar budaya sendiri dalam bentuk suatu NEGARA yang berdasarkan pada KEMERDEKAAN HAK SEGALA BANGSA. KEMERDEKAAN HAK SEGALA BANGSA. BANGSA-BANGSA HARUS SALING HORMAT-MENGHORMATI KEMERDEKAAN dan MENERIMA PERBEDAAN RAS DAN AGAMA DAN IDEOLOGI SBG SESUATU YANG HARUS DITERIMA, LALU BERDAMAI BERSAUDARA DAN BERSINERGI DLM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN UTK TOLONG MENOLONG DAN BERGOTONG ROYONG DLM MEMBANGUN KEHIDUPAN BERSAMA YG DAMAI DAN SEJAHTERA.

PROKLAMASI lah yang membolak-balikkan keadaan INDONESIA dari sebagai INDONESIA TERJAJAH menjadi INDONESIA MERDEKA. Dimana INDONESIA MERDEKA itu berarti TANAH AIR INDONESIA MERDEKA dan BANGSA INDONESIA MERDEKA yang kemerdekaan keduanya adalah karena adanya ikatannya dg PROKLAMASI.

PROKLAMASI sendiri mempunyai semangat-semangat:

:: Semangat berjuang mati-matian penuh dg idealisme.
:: Semangat persatuan yang tidak mengecualikan suatu golongan atau lapisan.
:: Semangat membangun negara.

Berjuang mati-matian penuh dg idealisme itu adalah perjuangan kemerdekaan kita menuju karunia PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945 dan juga perjuangan kita mempertahankan kemerdekaan, serta perjuangan kita menyelesaikan revolusi pembentukan NEGARA INDONESIA yg berdasarkan pada KEMERDEKAAN dan KEBANGSAAN, dlm bentuk Negara yg mempunyai semboyan persatuan: KESATUAN DI DLM KEBERAGAMAN yang secara formal disebut dgn BHINNEKA TUNGGAL IKA. Semangat proklamaasi semangat persatuan yang tidak mengecualikan suatu golongan atau lapisan. Idealisme KEMERDEKAAN itu memungkin ide BHINNEKA TUNGGAL IKA itu dapat dijalankan dan berjalan secara abadi tanpa terancam bubar oleh suasana permusuhan antara golongan-golongan sebangsa yg berbeda-beda. Dengan KEMERDEKAAN, yaitu saling akui saling hormati kemerdekaan utk menjadi diri masing-masing sesuai corak masing-masing, perbedaan menjadi persaudaraan dan perselisihan menjadi perdamaian, semua terhindar dari jurang kehancuran. Karena INDONESIA ini adalah SEMUA BUAT SEMUA. SEMUA yg menjadi KESATUAN utk SEMUA yang menjadi KESATUAN itu sendiri. SEMUA yg berbhinneka tunggal ika utk semua yang berbhinneka tunggal ika itu sendiri. SEMUA yang menjadi SATU KESATUAN BANGSA utk SEMUA yang menjadi SATU KESATUAN BANGSA itu sendiri.

Dari situlah ide dasar negara Pancasila itu disusun. Dari pertimbangan SEMUA UTK SEMUA yg seperti itu, SEMUA yang satu kesatuan, semua yang satu kesatuan di dlm keberagaman, SEMUA yang satu kesatuan di dalam keberagaman karena semuanya BERBHINNEKA TUNGGAL IKA. Inilah beban dan tanggungjawab dari PANCASILA. Dasar Negara yg menerima BHINNEKA TUNGGAL IKA dan yg menjalankan KEHIDUPAN KEBANGSAAN yg BERGOTONG ROYONG sekalipun berbeda-beda golongan, dalam mencapai SEGALA CITA-CITA KEMERDEKAAN.

Dengan PANCASILA itulah, dasar Negara Indonesia Merdeka yang mempertimbangkan SEMUA UTK SEMUA, SEMUA YG KESATUAN, SEMUA YG BERBHINNKA TUNGGAL IKA itulah, DUNIA KEMERDEKAAN-KEBANGSAAN INDONESIA akan diciptakan, dlm bentuk NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA dg format pembentukannya atau format revolusinya:

_____BTI-PS-UUDNI-NKRI___

sesuai disain GARUDA PANCASILA BHINNEKA TUNGGAL IKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s