Kemerdekaan Adalah Bentuk Kasihsayang-Nya

TUHAN menciptakan manusia mempunyai kemerdekaan (untuk hidup di antara manusia-manusia lainnya dan utk memilih apa yg menjadi keyakinannya dlm hidupnya) oleh karena itu IA mengajarkan kpd kita utk saling hormat menghormati kemerdekaan itu, tidak ada saling paksa, atau salng mangsa, dg tidak saling merugikan/ menzalimi, tidak saling mengancam, tidak saling eksploitasi, karena semua itu tidak beradab. tidak beradab itu jahilyah dan jahiliyah itu adalah bahagian dari kekafiran. Mendapatkan manfaat dari manusia lain haruslah dg tukar-menukar dan jual-beli yang fair.

Manusia juga diciptakan utk saling kenal mengenal lalu mencari titik rahmat di balik perbedaannya, sebagaimana laki-laki dan perempuan dua insan yg berbeda saling kenal dan saling melengkapi, agar bisa saling memberi manfaat di dalam kebaikan, kasih sayang dan perikemanusiaan. Menjalin persaudaraan, termasuk di dalam keberagaman, bahkan khususnya di dalam keberagaman, biar semua manusia bisa menjadi SATU UMMAT, memelihara perdamaian dg menegakkan keadilan sosial, yaitu adil kpd semua kaum dan golongan tanpa memandang perbedaan, tapi semata-mata ingin menegakkan kebenaran karena Tuhan.

PANCASILA adalah aplikasi kemerdekaan utk hidup berkebangsaan kita bangsa indonesia, yg insya allah akan menjdi contoh juga buat bangsa2 lain yang hendak hidup di dalam kemerdekaan yang datang dari NAMA TUHAN.

PANCASILA adalah kelanjutan dari SEMANGAT KEMERDEKAAN kepahaman dan keyakinan bhw kemerdekaan ialah hak segala bangsa dst, yang kemudian berlanjut kpd perjuangan kemerdekaan indonesia, dg semangat Indonesia Rayanya dan semangat merah-putihnya di dalam semangat sumpah pemuda satu nusa satu angsa satu bahasa, yang puncaknya adalah PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, yang memberikan kita semangat:

1. Semangat berjuang mati-matian penuh dg idealisme.
2. Semangat persatuan yang tidak mengecualikan suatu golongan.
3. Semangat membangun Negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s