NASIONALISME INDONESIA

Puncak dari NASIONALISME INDONESIA adalah bicara BHINNEKA TUNGGAL IKA. termasuk GOTONG ROYONG pun bicara BHINNEKA TUNGGAL IKA. yaitu, siapa yang  GOTONG ROYONG? jawabnya golongan-golongan BANGSA INDONESIA yang beraneka ragam!!!

Apa itu BERPANCASILA? itulah BERBHINNEKA TUNGGAL IKA.

Ketika BANGSA terbentuk, kita sudah bicara BHINNEKA TUNGGAL IKA dengan putera-puteri indonesia mengaku BERTANAH AIR SATU, BERBANGSA SATU, BERBAHASA SATU.

Ketika KEMERDEKAAN dinyatakan arahnya pun adalah BHINNEKA TUNGGAL IKA, karna di balik KEMERDEKAAN itu ada __nilai kemerdekaan__ yang punya semangat yang akan mempersatukan semua golongan tanpa kecuali dengan saling mengakui dan hormat menghormati kemerdekaan.

Ketika NEGARA terbentuk dari NUSA-BANGSA MERDEKA OLEH PROKLAMASI dijalin dg UUD NEGARA INDONESIA berdasarkan PANCASILA, arahnya pun adalah untuk KEHIDUPAN KEBANGSAAN YANG BISA BERBHINNEKA TUNGGAL IKA – LU ADE GUE ADE. SATU UNTUK SEMUA dan SEMUA UNTUK SEMUA. Sampai-sampai lambang negara GARUDA PANCASILA didisain berdiri kokoh mencengkeram semboyan-prinsip BHINNEKA TUNGGAL IKA.

Dari NEGARA itu terbentuk NASIONALISME yang merupakan KEPRIBADIAN dan CARA HIDUP yang juga bicara BERKEBANGSAAN YANG BERBHINNEKA TUNGGAL IKA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s