PANCASILA BHINEKA TUNGGAL IKA

Semboyan Apakah Bhinneka Tunggal Ika Itu? Itulah Semboyan Persatuan Kehidupan Berkebangsaan Kita. Semboyan Persatuannya Pancasila Kita, Semboyan Persatuannya Negara Kita. Jangan Bingung Kita 18921210_10207058152410881_3432851361525819542_o
kita mendengar bhw Pancasila jika diperas menjadi satu sila saja ia adalah GOTONG ROYONG. tapi taukah kita, sebelum kita bicara GOTONG ROYONG, kita harus bicara PERSATUAN-nya dulu. PERSATUAN kita adalah KESATUAN. KESATUAN kita adalah DI DALAM KEBERAGAMAN. Konsep persatuan dari PANCASILA adalah KESATUAN DI DALAM KEBERAGAMAN atau BHINNEKA TUNGGAL IKA.

PANCASILA itu adalah BHINNEKA TUNGGAL IKA disatu sisi dan GOTONG ROYONG di sisi lain. Karena tekanan kata PANCASILA itu di daya pemersatunya maka sebutan panjang dari PANCASILA adalah PANCASILA-BHINNEKA TUNGGAL IKA.

GOTONG ROYONG tidak dapat berjalan kalau kesatuannya bukan kesatuan di dalam keberagaman. harus jelas siapa yang berkesatuan di dalam gotomg royong itu, jangan hanya sekedar mengatakan antara dua orang atau lebih, tapi katakanlah antara semua orang indonesia yang beraneka ragam golongan suku, ras dan agamanya, sehingga tercipta SEMUA UTK SEMUA disitu. jangan sampai tidak jelas siapa untuk siapanya. yang benar-benar SEMUA UNTUK SEMUA adalah semua berkesatuan di dalam kebhinnekaan. bukan dua atau tiga berkesatuan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s