BHINNEKA TUNGGAL IKA ADALAH TITIK TEMU PROKLAMASI & PANCASILA UTK MENYATAKAN BHW NEGARA INDONESIA YG ADALAH NEGARA PROKLAMASI YG JUGA ADALAH NEGARA PANCASILA ITU ADALAH NEGARA KESATUAN, BUKAN NEGARA SERIKAT SPT YG PERNAH BERLAKU PADA KONSTITUSI RIS 49 DAN UUDS 50.

KEJADIAN INDONESIA diawali oleh BANGSA INDONESIA terbentuk di Kongres Pemuda 1928, melalui SUMPAH PEMUDA: satu nusa satu bangsa satu bahasa, yg dilengkapi dg satu pola pikir bersama INDONESIA RAYA dan satu identitas bersama MERAH PUTIH.

Ketika BANGSA terbentuk melalui sumpah pemuda satu nusa satu bangsa satu bahasa itu, otomatis ada BHINNEKA TUNGGAL IKA disitu, karena proses persatuan disitu yang tentunya ada konsep persatuan yg menyertainya, yaitu PERSATUAN DI DLM KEBERAGAMAN, yg tepatnya KESATUAN DI DLM KEBERAGAMAN. Kata INDONESIA di Sumpah Pemuda itu KESATUAN nusa bangsa bahasa, yaitu KESATUAN di dlm keberagaman, yg saat itu belum ada istilahnya, tahun 1951 muncul sebagai BHINNEKA TUNGGAL IKA yang sangat terkait dgn munculnya term NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA tahun 1950 sebagai suatu pernyataan Negara Indonesia bukan negara serikat.

BANGSA harus terbentuk dulu utk memperjuangkan KEMERDEKAAN, dan menjadikan KEMERDEKAAN itu sbg jembatan emas utk menyusun dan membentuk NEGARA yang dicita-citakan. NEGARA ada utk menjadi KEBANGSAAN kita atau NASIONALISME kita, sbg BUDAYA INDONESIA yg merupakan KEPRIBADIAN INDONESIA kita. Paham kebangsaan kita berupa NEGARA KEBANGSAAN ini adalah NASIONALISME, NKRI adalah NASIONAL kita atau NEGARA-KEBANGSAAN kita.

sehingga ada urutan KEJADIAN INDONESIA begini:
BANGSA – KEMERDEKAAN – NEGARA – NASIONALISME

NEGARA yg tersusun atas TANAH AIR INDONESIA dan BANGSA INDONESIA MERDEKA dlm ikatan PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, yg dgn PROKLAMASI pula dilepaskan dari ikatan kekuasaan KOLONIAL. yg menjadi NEGARA berdasarkan PANCASILA dan UUD 45 dlm bentuk NKRI, disimbolkan dgn GARUDA PANCASILA BHINNEKA TUNGGAL IKA. Ada BHINNEKA TUNGGAL IKA dinyatakan di Lambang Negara sehingga kita mempunyai PILAR-PILAR KEBANGSAAN atau PILAR-PILAR NASONALISME yang adalah juga PILAR-PILAR KEMERDEKAAN kita:

Semboyan Persatuan:
BHINNEKA TUNGGAL IKA
Dasar Negara: PANCASILA
UUD NI: UUD 1945
Negara: NKRI

BHINNEKA TUNGGAL IKA itu adalah SEMANGAT PROKLAMASI di satu sisi, semangat tidak mengecualikan suatu golongan atau lapisan, SEMANGAT KEBANGSAAN di sisi lain: tidak kesukuan, tidak rasis, tidak pecah-belah karena beda agama. SEMANGAT KEBANGSAAN ini telah tersusun menjadi PANCASILA, utk menyelenggarakan KEMERDEKAAN yang kita peroleh dengan PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945. Jadi BHINNEKA TUNGGAL IKA itu bicara Proklamasi di satu sisi dan bicara Pancasila di sisi lain. Titik temu antara PROKLAMASI dan PANCASILA.

Konsep pesatuan KESATUAN DI DLM KEBERAGAMAN: BHINNEKA TUNGGAL IKA sebagai semboyan NEGARA INDONESIA tentunya merupakan semboyan juga bagi sisi statis dari dasar negara Pancasila yg berfungsi sbg PENGUMPUL / PEMERSATU di dlm dasar negara itu. Di atas BHINNEKA TUNGGAL IKA inilah GOTONG ROYONG di jalankan dlm bentuk sistem negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s