ENERGI MAGNIT BHINEKA TUNGGAL IKA

BTI itu semangat utk bersatu yang memang sudah ada melekat di dalam genetika dan penciptaan diri manusia, baik bersatu berkumpul karena saling butuh maupun bersatu karena ingin berdamai utk menyudahi pertikaian utk lebih mengutamakan perdamaian dan keamanan bersama. Semangat BTI ini ada pasangan dinamisnya yaitu semangat bekerjasama oleh pihak2 yg berbeda-beda yang kita sebut semangat gotong-royong.

Saat orang indonesia ingin merdeka dari penjajahan dan ingin menjadi satu bangsa tersendiri yang bebas dari kolonisasi, maka semangat BTI dan gotong-royong itu dikembangkan menjadi sumpah pemuda, yang arah dan cita-cita perjuangannya adalah mempunyai negara yang merdeka dengan tanah air sendiri dan bahasa sendiri. saat itu arah perjuangan dituangkan di dalam Lagu kebangsan Indonesia Raya yang dibahas juga di kongres sumpah pemuda itu dan diperdengarkan alunan iramanya dgn gesekan biola oleh penciptanya WR Supratman, agar visi kemerdekaan menjadi melekat kpd para pemuda yang hadir dan seluruh rakyat indonesia nantinya.

Untuk membentuk bangsa, kita bicara sumpah pemuda, tapi untuk bicara bangsa dan negara sekaligus, kita membutuhkan suatu dasar yg dapat mengambil alih fungsi sumpah pemuda itu dan sekaligus juga dapat memberi bentuk kpd negara yg ingin kita dirikan, dan bentuk negara ini akan menentukan seperti apa cara kerja negara itu, atau bagaimana ia bisa menjadi kendaraan utk membawa bangsa indonesia menuju cita-cita kemerdekaannya yg sesempurna-sempurnanya di kemudian hari, yg di dalamnya sudah terakomodir semangat sumpah pemuda dan semangat lagu indonesia raya, dan di dalam lagu indonesia raya ada semangat merah putih lambang negara indonesia merdeka. maka tersusunlah PANCASILA. lalu dari situ terwujudlah suatu visi negara kesatuan republik indonesia (NKRI) melalui suatu susunan UUD 1945 yang berdasarkan Pancasila itu. NKRI ini negara berkedaulatan rakyat, yang menjunjung tinggi kebhinekaan dan melaksanakan prinsip keadilan sosial (persamaan derajat) bagi seluruh rakyat indonesia, sesuai sumpah pemuda sejak awal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s