Kaitan Antara Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika

Kalau kita urut-urut, dasar kehidupan berkebangsaan kita dimulai dari BTI, sejak pra sumpah pemuda, sebelum adanya perjaungan kemerdekaan, BTI lah yg berlaku di antara perbedaan yang ada. BTI bentuk paling sederhana dari Pancasila. Ketika kita sudah mempunyai visi indonesia merdeka dan ada usaha utk mengarah kesana, BTI berkembang lagi lebih kompleks sedikit manjadi Sumpah Pemuda, sehingga terbentuklah embrio bangsa indonesia, yg akan berproses menjadi solid dan solid sedemikian rupa sebagai sebuah bangsa dlm perjuangan menuju kemerdekaan, tapi belumlah merupakan Bangsa Indonesia Merdeka. 17 Agustus 1945 Bangsa Indonesia lahir, merdeka, sekaligus sebagai hari dimulainya Negara Indonesia Merdeka.

Supaya Negara Indonesia Merdeka ini mempunyai bentuknya, maka dikembangkanlah kembali BTI yg menjelma menjadi Pancasila sementara tadi (Sumpah Pemuda) menjadi lebih kompleks lagi sehingga dapat menjadi dasar dari Negara Indonesia Merdeka. Setelah dikaitkan dg realita keberagaman yg ada di dalam bangsa indonesia maka tersusunlah 5 dasar, 5 sila, 5 pilar, 5 penopang, Ketuhanan Kemanusiaan Persatuan (Kebangsaan), Kerakyatan, Keadilan Sosial – untuk menjadi dudukan atau alas atau dasar, atau kalo dijadikan satu kesatuan dasar kita sebut pondasi, yg arti hakikinya adalah ASAS, dari Negara Indonesia Merdeka. Pancasila adalah BTI dalam bentuk yang paling sempurna. sebaliknya BTI adalah Pancasila dlm bentuk yg paling sederhana.

Lalu dengan Pancasila (BTI dlm bentuknya yg paling sempurna) itu maka Negara Indonesia Merdeka pun mendapatkan bentuknya yg cocok sesuai keadaan bangsa, yaitu ia menjadi Negara berkedaulatan rakyat yang menjunjung tinggi keberagaman dan keadilan sosial: NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s