CAHAYA DARI TIMUR

IDEALISME KEMERDEKAAN itu CAHAYA, maka KEBANGSAAN sebagai turunan dari KEMERDEKAAN adalah CAHAYA. Begitu juga dgn PANCASILA yg berjiwa KEBANGSAAN di satu sisi dan yg jiwa asalnya adalah KEMERDEKAAN di sisi lain, adalah CAHAYA. Begitu juga PROKLAMASI sebagai manifesto dari KEMERDEKAAN, adalah CAHAYA. Begitu juga BHINNEKA TUNGGAL IKA yang merupakan manifesto dari SEMANGAT PROKLAMASI semangat persatuan yang tidak mengecualikan suatu golongan atau lapisan, semangat yang telah memberikan kita pikiran KEBANGSAAN, tidak kesukuan, tidak rasis, tidak pecah belah karena beda asal bangsa, dan tidak pecah belah karena berbeda agama, cara berfikir dan cara mencari hidup, semangat yg telah memberi kita inspirasi bhw dlm kehidupan bersama, kita jangan lagi melihat orang dari apa agamanya apa sukunya apa asal bangsanya, tapi dari kemanfaatan, kontribusi, karya dan perbuatannya utk sesama dan kehidupan,…. adalah CAHAYA.

BHINNEKA TUNGGAL IKA adalah pengkerucutan dari DASAR KETERTIBAN / KERUKUNAN BERSAMA antara golongan-golongan bangsa indonesia yang berbeda asal, keyakinan, cara berfikir dan mencari hidupnya, yang diciptakan oleh IDEALISME KEMERDEKAAN, yaitu pengkerucutan dari ini:

:: KEMERDEKAAN,
:: PERDAMAIAN ABADI,
:: KEADILAN SOSIAL

yang semua itu adalah CAHAYA bagi kehidupan umat manusia, syarat bagi terciptanya MASYARAKAT YG ADIL MAKMUR, MASYARAKAT YG DAMAI SEJAHTERA.

Hanya orang yang bisa BERSATU yg dapat dikatakan benar-benar mencintai sesama, dan hanya mereka lah yang bisa BERGOTON-ROYONG di dlm kebhinnekaan. Karena bersatunya itu adalah PERSATUAN DI DLM KEBERAGAMAN, tepatnya lagi KESATUAN DI DLM KEBERAGAMAN. BHINNEKA TUNGGAL IKA.

Bagi KEINDONESIAAN, kalau belum bersama di dlm keberagaman gotong royong kita bukan gotong royong namanya. tepatnya kalau belum berbhinneka tunggal ika secara totalitas kita belum BERGOTONG ROYONG, belum menjadi INDONESIA yg sesungguhnya. Jadi kalau belum totalitas kita dlm BERBHINNEKA TUNGGAL IKA, kita belum menjadi INDONESIA yg sesungguhnya juga.

Apa itu totalitas di dlm berbhinneka tunggal ika? jawabnya adalah BERKEADILAN SOSIAL kepada semua golongan dlm kehidupan bersama sebagai bangsa indonesia tanpa memandang suka tidak suka tanpa memandang perbedaan agama, suku, asal bangsa.

[QS 5:8]:
“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s