JUST A THOUGHT

BHINNEKA TUNGGAL IKA itu KONSEP PERSATUAN, yg menjadi SEMBOYAN PERSATUAN. Dasar negara kita PANCASILA menggunakan BHINNEKA TUNGGAL IKA sebagai konsep persatuannya, atau dengan kata lain konsep persatuan Pancasila itu bersemboyankan BHINNEKA TUNGGAL IKA. Dari stulah asal muasalnya kenapa NEGARA kita dikatakan bersemboyankan BHINNEKA TUNGGAL IKA. jat_logo

Jadi apa? BHINNEKA TUNGGAL IKA dlm bentuk semangat sudah menjadi satu bahagian dari PANCASILA. dengan kata lain BHINNEKA TUNGGAL IKA itu adalah PANCASILA itu sendiri, sebagaimana GOTONG ROYONG itu adalah PANCASILA itu sendiri. Tapi dalam arti bhw PANCASILA itu adalah GOTONG ROYONG yg disempurnakan dg semangat persatuan BHINNEKA TUNGGAL IKA, agar GOTONG ROYONG itu dapat berjalan di atas keberagaman bangsa.

Jadi kita harus melihat Pancasila sebagai BHINNEKA TUNGGAL IKA di satu sisi dan sebagai GOTONG ROYONG di sisi lain. Keduanya seperti satu kesatuan dari kedua kaki kita, dimana yang satu berfungsi sebagai penunjang badan supaya badan itu tetap tegak di saat yg lain berfungsi sebagai pelangkah utk menuju ke suatu tujuan yg diinginkan. Kita melihat PANCASILA sebagai satu kesatuan dari dua pilar yang mendasari NKRI. PILAR STATIS dan PILAR DINAMIS. Jadi siapa bilang PANCASILA gak bisa menjadi PILAR? PANCASILA sebagai dasar statis dan dasar dinamis benar2 memberitahukan kpd kita bahwa PANCASILA itu PILAR. Satu kesatuan dari dua pilar, yaitu pilar statis Pancasila dan pilar dinamis Pancasila.

PANCASILA sebagai BHINNEKA TUNGGAL IKA dan GOTONG ROYONG sangat terkait dengan keberadaan kata KESATUAN dan kata REPUBLIK pada istilah NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. PANCASILA dengan nilai-nilainya adalah HOLDER dari bentuk KESATUAN dan bentuk REPUBLIK itu pada NEGARA INDONESIA, yang mana semua itu dipicu dan bersumber awal dari SEMANGAT PROKLAMASI: SEMANGAT PERSATUAN YG TIDAK MENGECUALIKAN SUATU GOLONGAN. itulah api kemerdekaan yg mempersatukan bangsa Indonesia.

Dengan KEMERDEKAAN perbedaan menjadi persaudaraan, dengan KEMERDEKAAN perselisihan menjadi perdamaian. Maka semua terhindar dari jurang kehancuran. MANUSIA memang diciptakan mempunyai KEMERDEKAAN sejak kelahirannya masing2, merdeka utk hidup sesuai coraknya menurut kejadian dirinya yg sudah ditakdirkan oleh Tuhan dlm sejarah hidupnya, tanpa boleh ada paksaan dari pihak-pihak lain manapun, sebab pemaksaan itu tidak beradab, bahkan tidak ada paksaan dalam agama sekalipun, tidak beradab itu jahiliyah dan jahilyah itu bahagian dari kekafiran di sisi Tuhan.

Kata SEMUA UTK SEMUA yg merupakan maksud dan arah atau pertimbangan yg ditetapkan utk mendasari penyusunan sila-sila PANCASILA, dan makna kata SEMUA UTK SEMUA ini berada di antara makna kata BHINNEKA TUNGGAL IKA dan makna kata GOTONG ROYONG.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s