INDAHNYA PANCASILA – BHINEKA TUNGGAL IKA

PERBEDAAAN ITU UJIAN, kehendak Tuhan Yang Maha Esa adalah persatuan dan hubungan kasih sayang di antara sesama manusia atau silaturahim. Orang-orang yang melakukan kehendak Tuhan YME adalah mereka yang memperjuangkan persatuan dan silaturrahim itu, dan orang2 yang benar adalah mereka yang BERSATU & suka menjalin hubungan tali silaturrahim dg sesama manusia tidak hanya dg yang seagama tapi dg lain agama sekalipun di dalam KEMANUSIAAN, dengan menjunjung tinggi keadilan dan keberadaban manusia.

Satu bentuk melakukan kebenaran itu adalah selalu bersikap adil dan beradab kepada SIAPAPUN. Itulah yang disebut dg melakukan kebenaran karena Tuhan YME.

Ajaran para nabi dan utusan Tuhan YME sejak zaman dahulu kala tidak lain dan selalu: PERSATUAN. Adakah konsep persatuan yg lebih tinggi dari konsep persatuan persaudaraan global BHINEKA TUNGGAL IKA? Kayaknya gak ada deh.

Lain zaman lain konsep persatuannya. Di zaman manusia menganut tradisi berperang dan hidup menurut golongan-golongan konsep persatuannya adalah PENYERAGAMAN. Di zaman manusia sudah lebih adil dan lebih beradab pikirannya, sudah mampu memelihara perjanjian damai dan sudah bisa memelihara persaudaraan lintas suku lintas agama lintas bangsa, konsep persatuannya adalah BERBEDA-BEDA tapi satu, BHINEKA TUNGGAL IKA. Dan perjanjian damainya adalah PANCASILA.

Tuhan YME hanya meridhoi/memperkenankan cara-cara berhidupan yang DAMAI. Tidak boleh ada di muka bumi ini cara-cara hidup yang tidak pakai asas damai. Tuhan YME tidak akan meridhoi/memperkenankan cara-cara berkehidupan yang bermusuh-musuhan dan saling menumpahkan darah.

PANCASILA yang menjadi dasar penyusunan/pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini berpedoman kepada konsep persatuan BHINEKA TUNGGAL IKA. Konsep persaudaraan global tanpa memandang latar belakang. Disini orang tidak menilai saudaranya dari mana asalnya dan apa agamanya, tapi dari kemanfaatannya, kontribusinya, karyanya utk kehidupan bersama dan kemanusiaan.

Oleh karena itu MARILAH kita bersatu di dalam KESATUAN yang diridhoi/diperkenankan oleh Tuhan YME, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menjadi satu satu dalam persaudaraan global manusia indonesia sebagai satu keluarga besar bangsa Indonesia yang bergotong royong membesarkan dan membangun Negara Indonesia semakmur-makmurnya agar kita semua dapat hidup bersama co-exist dlm keadaan damai dan sejahtera buat semua sambil menjunjung tinggi KEADILAN SOSIAL buat semua orang buat semua gholongan.

BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH!!!!

..”Kalau suatu negara terpecah dalam golongan-golongan yang saling bermusuhan, negara itu tidak akan bertahan. Dan sebuah keluarga yang terpecah-pecah dan bermusuhan satu sama lain, akan hancur. Lukas 11:17

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Quran 49: 13)

ada suatu pernyataan di dalam hadist bahwa memperjuangkan persatuan itu pahalanya lebih besar dari puasa dan sholat bahkan…silahkan dicari di google hadistnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s